Arti Lambang SMAN 3 TAPUNG (SMANTITA)

A. PENJELASAN


Lambang Sekolah terdiri dari :

1. Bentuk

2. Isi / Simbol

3. Warna

B. BENTUK

Lambang Sekolah berbentuk Perisai Persegi 5 (lima) mengandung makna dengan berjiwa Pancasila, diharapkan kelak dapat hidup secara damai, hati yang sejuk di kancah yang luas/ sholat lima waktu agar siswa siswi jadi insan yang bertaqwa.

C. MAKNA BENTUK DAN ISI / SIMBOL LAMBANG SEKOLAH

1. SAYAP mengembang masing-masing berjumlah 15 (lima belas) helai pangkalnya disatukan menjadi 30, merupakan tanggal berdiri sekolah.

2. OBOR (API) dengan 4 (empat) lidah bara api mengandung makna semangat tinggi dan pantang menyerah dari civitas akademika/ sekolah berdiri pada bulan 4.

3. BUKU TERBUKA mengandung makna sumber segala ilmu pengetahuan yang luas.

4. BINTANG  mengandung makna prestasi. Berjumlah 3 (tiga) merupakan prestasi di tiga ranah. Kognitif, Afektif dan Psikomotor.

6. PITA melengkung di bawah mengandung makna kreatifitas dan inovasi yang fleksibel seiring tuntutan perkembangan kemajuan jaman.

7. HURUF /TULISAN “SMA NEGERI 3” melengkung di atas mengandung makna identitas sekolah menengah atas yang penuh dengan harapan prestasi tinggi.

8. HURUF/TULISAN “TAPUNG” di dalam pita melengkung di bawah mengandung makna Identitas Sekolah pada wilayah Kecamatan yang fleksibel dalam belajar, bekerja, berkarya dan mengabdi, selalu saling asah, asih, dan asuh.

D. MAKNA WARNA PADA BENTUK DAN SIMBOL LAMBANG SEKOLAH

1. WARNA PUTIH pada buku mengandung makna Ketulusan dan Kesucian.

2. WARNA HIJAU ditengah Prisai mengandung makna kedamaian dan kemakmuran / kesejahteraan/identitas almamater sekolah/Green School

3. WARNA HITAM pada huruf/tulisan dan garis luar prisai mengandung makna keteguhan dan kekuatan yang abadi/langgeng/tiada henti.

4. WARNA MERAH pada Pita dan Lidah Nyala Api mengandung makna Tekad dan keberanian yang tinggi dan pantang menyerah.


5. WARNA KUNING pada sayap mengandung makna Kemuliaan dan keagungan / kebesaran.

Komentar